SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Prihatin Dengan Kekeringan Panjang, Kades Bandungsari dan Dalang Cilik / Seniman Gelar Ritual Minta Hujan di Bantaran Sungai


Grobogan, RM _

Kondisi kekeringan panjang yang menimpa Grobogan dan sekitarnya telah membuat rasa prihatian tersendiri oleh Codot Kepala Desa (Kades) Bandungsari, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, (Kamis 5/10/23). Hal itu dibuktikan  Kades dengan Seniman Grobogan Dalang cilik Ahmad Carnavaro bersama pengrawitnya tengah menggelar ritual unik dan sakral di dasar sungai yang mengering. Pagelaran ritual ini sebagai wujud permohonan kepada sang pencipta guna meminta hujan. Tentu saja spontan acara ini juga menjadi perhatian warga sekitar dan bergegas mendekat ke lokasi guna mengikuti ritual tersebut.

Ritual yang diselenggarakan di dasar sungai yang mengering tersebut sebelum dimulai terlebih dahulu dilakukan pembacaan doa. Sementara saat pembacaan Do’a oleh Kades Codot Heryanto yang diikut warga yang hadir nampak penuh khidmat dan saat itu sedikit teriringi angin secara tiba tiba. Usai pembacaan Do’a acara dilanjutkan wayangan oleh Dalang Cilik Ki Ahmad Carnavaro dengan lakon ‘Sirnaning Memala" (Perginya Musibah)

 Usai ritual berlangsung Kades Codot Ledi Heriyanto kepada wartawan mengatakan bahwa, sebelumnya ia telah mendapatkan petunjuk agar segera melakukan ritual minta hujan dengan menggelar wayangan di dasar Sungai Bandungsari. Dikatakan juga oleh Kades Codot jika  Kekeringan ekstrem yang melanda di desanya sejak empat bulan terakhir ini telah membuat seluruh sumber air yang ada di Desa Bandungsari dan desa-desa lainnya mengering.Sehingga hasil panen para petani menurun drastis karena banyak petani yang mengalami gagal panen.

Terkait hal ini pelaksanaan ritual di dasar sungai ini menjadi simbol dan diharapkan agar semua kesialan yang melanda warganya segera dilarung dan terbuang jauh mengikuti aliran sungai.

Ritual yang digelar ini juga bermaksud untuk mendoakan agar negara Indonesia selalu kembali tentram dan damai. Apalagi yang kebetulan saat ini menjelang tahun politik semoga tidak terlalu banyak gesekan antar masyarakat. Untuk itu Kades Codot berharap juga kelak mendapatkan pemimpin yang jujur, adil dan amanah dalam memimpin negara pada pemilihan presiden mendatang yang benar benar bisa disukai masyrakat. Gik rm

Simak juga vidionya :



Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib