SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Di Grobogan, Eksekusi Bangunan Kios Ricuh, Warga sempat hadang Petugas


Grobogan, RM _

Selasa siang, 01/08/2023 Ketegangan tak bisa dihindari dan terjadi antara warga dengan petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga & Cipta Karya provinsi Jawa Tengah. Hal ini dipicu adanya petugas saat yang menghancurkan sejumlah kios di depan terminal bis Desa Sulursari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Pantauan radarminggu.com dilokasi, Warga terpancing emosi saat salah satu pekerja melawan dan mengucapkan kata yang menyinggung warga. Agar tidak terpancing terlalu jauh warga, para pekerja kemudian menyingkir dan meninggalkan kios warung kopi akan dibongkar. Kemudian pemilik kios yang dibantu warga melepas dan memindahkan bangunan kios sendiri ke lokasi yang jauh dari penggusuran.

Sejumlah petugas lainnya terus melanjutkan penggusuran bangunan di lokasi lain. Sebuah alat berat diterjunkan untuk menghancurkan bangunan yang terbuat dari bahan batu bata yang menutupi bangunan kios modern yang belum selesai pembangunannya.

Seorang bernama Listiyono merasa jengkel karena kios miliknya yang dibongkar secara paksa oleh petugas menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

“Saya jengkel karena para pekerja ini merobohkan bangunan dengan cara merusak dan seluruh dinding dari bahan kayu jati dihancurkan, sehingga sudah tidak bisa digunakan untuk bangunan kembali,” emosi Listiono.

Sejumlah pemilik kios menyampaikan kepada wartawan bahwa, penggusuran ini atas laporan seorang pengusaha kios modern yang kini baru dalam proses pembangunan, pelapor menganggap jika kios pedagang  pinggir jalan ini dianggap menutupi bangunan kios yang tengah dibangun.

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Hukum Perda Jateng Tabayanu  membenarkan bahwa penggusuran dan penataan lahan ini merupakan bentuk dari pelaporan warga.  Usai mendapatkan pelaporan, pihaknya menindaklanjuti telah melayangkan surat teguran sebanyak tiga kali kepada para pedagang dan pemilik kios, namun hal ini tidak diindahkan oleh mereka. Dan petugas akhirnya melakukan tindakan tegas dengan menggusur sejumlah kios tersebut.

Ditambahkan oleh Tabayanu bahwa, Satpol PP dan Dinas Pekerjaan Umum Jateng menyampaikan bahwa, guna merelokasi terhadap pedagang yang terdampak penggusuran, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Perhutani untuk memberikan lahan kepada para pedagang yang terkena gusuran. Mereka rencananya akan diberi lahan di belakang terminal Sulursari yang lokasinya lebih luas. Bahkan lahan ini bisa dimanfaatkan para pedagang untuk pembuatan lahan wisata kuliner baru yang ada di Sulursari. Gik rm

Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib