SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Tarik sumbangan hingga 2,5 juta, sejumlah wali murid SMPN 1 Purwodadi mengeluh



Grobogan, RM _

  Sejumlah wali murid SMPN 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah mengeluh, hal itu dikarenakan besarnya nilai sumbangan yang ditentukan oleh pihak sekolah tersebut dinilai telah mencekik para wali murid. Dan hal ini sudah menjadi agenda tahunan saat momen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

  Informasi yang dihimpun dari para wali murid baru bahwa, sumbangan tersebut langsung ditentukan oleh pihak sekolah dengan rincian yaitu untuk Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) ditentukan senilai 2,5 juta per murid, sedangkan untuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) ditentukan senilai 150 rb tiap bulan per siswa. Tidak hanya itu, bagi para murid baru juga diharuskan membeli kain seragam baru komplit dengan harga satu paket 1,2 jt per murid. Tentu saja hal ini menjadikan beban yang berat bagi sejumlah wali murid.

 

Basuki (Kepala SMPN 1 Purwodadi) 

Menurut Rsm 40th wali murid baru di SMPN 1 Purwodadi bahwa, pihak sekolah diibaratkan menyebar jaring dan memanfaatkan momen PPDB. Karena dalam penarikan sumbangan tersebut tidak dijelaskan secara gamblang keperuntukanya. Selain itu pihak sekolah juga terkesan mewajibkan kepada seluruh wali murid.

"Secara pribadi saya keberatan dengan besarnya sumbangan yang ditentukan oleh pihak sekolah yang terkesan diwajibkan, pihak sekolah memanfaatkan wali murid yang tidak nyaman untuk menolak" Keluhnya. 

  Kepala SMPN 1 Purwodadi Basuki saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa, diakui sebelumnya memang pihak sekolah punya program yaitu sekolah ramah anak , sekolah adiwiyatta mandiri dan kegiatan lainya. Karena program tersebut memerlukan biaya kemudian disampaikanya kepada Komite sekolah. Selanjutnya Komite berembuk dan diputuskan adanya penarikan sumbangan tersebut. 

  Ketua Komite SMPN 1 Purwodadi Joko Pangkat kepada wartawan mengakui jika di SMPN 1 Purwodadi tersebut seperti dari tahun tahun sebelumnya telah menarik sumbangan terhadap para wali murid baru. Untuk tahun ini besarnya SPI yaitu 2,5 jt per  wali murid, sedangkan untuk SPP 150 rb tiap bulan. Gik rm

Simak wawancara dengan Wali Murid :


Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib