SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Tak meliburkan karyawanya saat sedekah bumi, Puluhan buruh pabrik kesurupan massal


Grobogan, RM _

Akibat tak mengindahkan adat di desa setempat, Puluhan buruh pabrik di Desa Gebangan, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (8/6/2023) siang mengalami kesurupan massal saat sedang bekerja. Tentu saja hal ini sontak membuat suasana pabrik dan lingkungan setempat menjadi perhatian publik. Bahkan sebuah vidio saat peristiwa berlangsung menjadi viral di medsos.

Akibat peristiwa tersebut mereka para buruh yang mengalami kesurupan saat itu juga mengalami berbagi kondisi antara lain, mengalami lemas dan terbaring seolah tak berdaya menahan sakitnya. Tidak hanya itu, mereka juga ada yang mengalami kejang kejang dan berteriak teriak sambil mengamuk dan melontarkan kata kata makian meskipun tidak tahu sebenarnya siapa yang dimakinya. Ada juga myang tertawa sendiri dengan suara melengking.

"Ingat! Ingat! sampai terjadi lagi hancuurr! hancuuurrr!," teriak seorang buruh yang kesurupan. Sedangkan buruh wanita memakai baju lorek sambil duduk di ranjang pasien tangannya menunjuk-nunjuk sesuatu.

"Bodoh kalian! manusia-manusia bodoh nggak tahu iman kalian semua!," teriak buruh yang lain.

Terkait peristiwa tersebut Disnakertrans Kabupaten Grobogan Teguh Harjokusumo menyampaikan kepada wartawan bahwa, kesurupan massal di lingkungan PT Formosa Bag Indonesia itu terjadi sekitar pukul 12.30. namun sejauh ini belum jelas jumlah karyawan yang mengalami. Hal itu sesuai hasil koordinasi pihak Dinaskertran dengan pihak PT Formosa.

Meski demikian, menurut Teguh peristiwa tersebut berakhir dengan kondusif. Paska kejadian pihak perusahan saat itu langsung menghentikan oprasional industri dan memulangkan seluruh karyawanya. Sedangkan untuk mengatasi mereka para buruh yang kesurupan, pihak perusahaan telah mengundang ustadz untuk melkukan Rukiyah pada para korban.

Kepala Desa Gebangan Sugihartono mengatakan, sebelum kesurupan massal PT Formosa Bag Indonesia terjadi, desa setempat tengah menggelar  tradisi Sedekah bumi pada hari Rabu dengan puncak acara rabu malam menggelar wayangan. Seperti biasanya saat menggelar sedekah bumi pihak pabrik meliburkan karyawanya Serta tidak pernah ada peristiwa kesurupan . Namun saat ini pabrik tidak meliburkan karyawanya . menurut pihak pabrik karena produksi pabrik meningkat sehingga tidak mungkin meliburkan karyawanya. Hingga akhirnya peristiwa ini telah terjadi.

”Meski demikian sebelumnya pihak pabrik juga berkoordinasi dengan pihak Desa” jelasnya. Gik rm

Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib