SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Ulat Grayak serang tanaman, Dinas Pertanian Grobogan lakukan penyemprotan

Grobogan, RM. _
   Guna antisipasi berkembangnya OPT ( Organisme Pengganggu Tanaman) berjenis Ulat Grayak di Grobogan, Dinas Pertanian Kabupaten melakukan Gerakan Masal (Germas) untuk menyemprotkan insektisida pada lahan tanaman yang terserang hama. Hal ini mengingat hama tersebut sangat muda berkembang biak. Dan jika tidak diberantas akan dipastikan para petani bisa mengalami gagal Panen. Hama ulat Grayak ini bisa menyerang pada segala jenis tanaman. Antara lain pada tanaman Jagung dan kedelai. Seperti yang terjadi pada lahan pertanian di Dusun Tegal Desa Bandungsari Kec Ngaringan Grobogan Jawa Tengah, tanaman jagung seluas lebih dari 50ha dilakukan Germas penyemprotan OPT pada tanaman tersebut. Hal ini dilakukakn oleh Dinas Pertanian bersama sama dengan petani pemilik garapan pada Senin 23/12/19.
   Menurut Edhie Sudariyanto Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan bahwa, Hama tersebut termasuk hama jenis baru. Pertama masuk di Indonesia pada 2018 lalu dan menyerang pertama di daerah Sumatera. Hingga sekarang lebih meluas sampai ke Pulau Jawa dan sekitarnya. Hama kini juga cepat sekali penyebaranya. Hama ini juga sangat eksplosif (mudah meyebar/meledak). Dan hama ini bisa memiliki kemampuan terbang hingga 100 km. Untuk itu pihaknya berharap agar para petani kedelai juga waspadai dengan adanya hama ini pada tanamanya. Karena jika menyerang kedelai, dikhawatirkan petani kedelai bisa gagal penen juga.
   Kadin Edhie juga menyampaikan bahwa, untuk penyemprotan dilakukanya pada lahan yang dinilai sangat membutuhkanya, karena hal ini berkaitan dengan terbatasnya stok Pestisida. Ia juga menghimbau pada para petani jika ada lahan yang terserang hama ulat Grayak ini supaya segera berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.gik rm
Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib