SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Ribuan Makam Manusia, Perkampungan dan bekas Pasar bermunculan di dasar Waduk Kedungombo

Sragen, RM. _
   Waduk Kedung Ombo (WKO) hingga sekarang masih menyisahkan sejarah. Bahkan hal tersebut tidak hanya sekedar sejarah atau cerita tanpa bukti, namun bukti bukti tersebut masih utuh dan abadi meskipun keberadaannya telah tertimbun air selam puluhan tahun. Di musim kemarau panjang tahun ini ribuan makam manusia, bekas perkampungan bahkan bekas pasar telah bermunculan pada dasar Waduk Kedung Ombo. meskipun kondisinya sebagian tidak utuh lagi. Hal ini telah mendukung fakta sejarah di WKO.
   Waduk yang berada di wilayah antara Grobogan, Sragen dan Boyolali ini jika mengalami kekeringan panjang tampak pemandangan yang memilukan. Karena dari dasar laut masih jelas nampak sisa sisa kehidupan pra dibangunya WKO. Salah satunya yang bisa ditemukan sebuah komplek pemakaman yang berada di Dusun Kedung Kerang Kaliwuluh, Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang Sragen Jawa Tengah. Di makam ini terdapat ribuan makam manusia yang kondisinya berserakan dan sangat memprihatinkan. Karena jelas tidak bisa terawat olah ahli waris masing masing. Meski kondisi berserakan, terdapat juga beberapa batu nisan yang masih utuh. Salah satunya batu nisan yang masih utuh dan bisa dikenali yaitu makam Mbah Mangun Suharjo, di batu nisan masih nampak tulisan dengan dipahat.“ Tanggal 8 Bakdo Mulut 69”. Makam tersebut berada dalam jarak sekitar 3km dari daratan, untuk bisa  menuju ke tempat tersebut harus menggunakan perahu mesin. Seperti halnya transportasi di pedalaman Kalimantan di area tersebut nampak beberapa pulau jika waktu kemarau panjang.
   Menurut warga sekitar bahwa, pemandangan ini sangat jarang terjadi. Kecuali jika terjadi kemarau dan kekeringan panjang. Jika sudah nampak perkampungan, warga sekitar teringat kembali masa lampau pra dibangunya WKO. Karena bagi mereka merupakan kenangan yang tak bisa dilupakan. Adanya nampak lagi pemakaman tersebut juga dimaanfaatkan sejumlah warga dari ahli waris yang menyempatkan diri untuk ziarah kubur ke ahli waris masing masing. Dan pemandangan tersebut sangat memilukan.tim rm
Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib