SELAMAT DATANG DI RADAR MINGGU (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Peringatan Hari santri Ponpes Lirboyo diwarnai Lautan Api

Santri lirboyo
(kesebelasan bola api) 
Kediri, RM ._
 Memperingati Hari Santri Indonesia Ponpes Lirboyo Kediri Jawa Timur terkesan unik dan aneh . Ribuan santri Ponpes telah memadati lapangan olahraga di area Ponpes tersebut. Mereka para santri Dengan semangatnya memadati lapangan tersebut guna menyaksikan aksi olahraga sepak bola yang menggunakan bola dari api yang berkobar tidak hanya itu para pemain sepak bola diharuskan dengan bertelanjang kaki dalam menendang bola api tersebut. 
  Mereka para pemain kesebelasan sepak bola api tersebut bergabung dalam kelompok seni bela diri yaitu Gerakan Silat Muslim Indonesia (GASMI). Dalam kostum yang mereka pakai tidak ketinggalan dengan ciri khas santrinya yaitu memakai peci/ Kopyah.
  Sedikitpun  mereka tidak ada rasa takut dalam menendang bola api dengan semangat yang berkobar kobar mereka saling berusaha mencetak gol ke gawang lawan sebanyak mungkin . Aturan dalam permainan sepak bola tersebut tidak beda jauh dengan ayahnya sepak bola biasa . Tak heran jika di dalam permainan tersebut juga ditemukan pelanggaran-pelanggaran . Namun mereka para pemain tetap santai dan terkesan menikmati adanya permainan yang digelutinya itu meskipun penuh dengan bahaya dan resiko.
  H. Agus Muhtadi, pembimbing GASMI bahwa,  Sepakbola api ini digelar untuk memperingati rangkaian Hari Santri Nasional. Selain itu, sekaligus untuk melestarikan budaya. Karena sepakbola api sudah berlangsung sejak puluhan tahun  dan menjadi budaya bagi santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur.
  Acara ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi ribuan santri yang berada di pondok Pesantren Lirboyo untuk melihat langsung. Terlebih dahulu Sebelum sepakbola api dimulai, acara ini dibuka dengan permainan ketangkasan tongkat api serta rantai api oleh pendekar GASMI. 
  Tidak hanya itu acara yang sudah menjadikan agenda tahunan tersebut juga diadakan berbagai macam acara di dalam Pondok Pesantren Lirboyo ini.  Diantaranya, Pembacaan Sholawat Nariyah, Apel Hari Santri, Parade Beduk dan Pawai Taaruf, Jalan Sehat Santri Sarungan serta Liwetan Ala Santri.  
  Pondok Pesantren Lirboyo tanpa ada kesinkronan dengan pemerintahan setempat karena Sepakbola api ini digelar oleh Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Kediri Jawa Timur.tim rm
Share Article:

Pemerintah Kabupaten Grobogan

Sumber dari Mabes Polri

SELAMAT HARI PERS NASIONAL # 09 PEBRUARI 2023 (CERDAS . TAJAM . AKTUAL)

Postingan Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Radarminggu.com
Copyright © 2011. Radar Minggu - All Rights Reserved
mastemplate
Original Design by Creating Website Edited by Kompi Ajaib